Contoh Proposal Membuat Usaha Cafe | UKM | Manajemen Produksi dan Operasional

11:47 AM

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………………………1
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..2
DAFTAR ISI………………………………………………………………………3

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………………4
1.2 Tujuan Proposal………………………………………………………………..4
1.3 Manfaat Proposal………………………………………………………………4
BAB II GAMBARAN UMUM
2.1 Profil Organisasi…………………………………………………………..……5
2.2 Visi, Misi, dan Tujuan………………………………………….………………5
2.3 Strategi Usaha………………………………………………………………….5
2.4 Lokasi…………………………………………………………………………..5
2.5 Bangunan……………………………………………………………………….5
2.6 Waktu Operasional…………………………....………………………………..5
2.7 Keunikan / Khas……………………………………………………………….6
2.8 Target Pelanggan……………………………………………………………….6
2.9 Produk yang Dihasilkan………………………………………...………………6
2.10 Strategi Promosi………………………………………………………………7
2.11 Sumber Bahan Baku………………………………………………….………7
2.12 Pengembangan Produk…………………………………………………….…7
2.13 Langkah-Langkah Promosi…………………………………………………...7
2.14 Analisis SWOT……………………………………………………………….7
BAB III ASPEK MANAJEMEN
3.1 Owner……………………………………………….………………………….9
3.2 Divisi Produksi…………………………………………………………………9
3.3 Divisi Keuangan…………………………..……………………………………9
3.4 Masalah yang Potensial……………………………...………………………….9
3.5 Resiko dan hambatan…………………………………………………………...9
3.6 Tindakan Alternatif……………………………………………………………10
BAB IV ASPEK KEUANGAN
4.1 Peralatan Dapur dan Cafe……………………………………………..………11
4.2 Peralatan Jasa…………………………………………………….……………11
4.3 Supplai Tenaga Kerja………………………………………………….………11
4.4 Supplier Bahan Baku per Minggu…………………………………...…………12
4.5 Biaya Usaha Lainnya per Bulan………………………………..………………13
BAB V PERENCANAAN KEUANGAN
5.1 Modal Usaha……………………………………………………………………14
BAB VI PENUTUP
6.1 Kesimpulan……………………………………………………………………...15
6.2 Saran…………………………………………………………………………….15
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………16

BAB I 

PENDAHULUAN


 1.1  Latar Belakang

Para mahasiswa dan pelajar sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, meeting, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Kami membuka  sebuah usaha diperuntukan bagi segala kalangan baik mahasiswa maupun pelajar untuk  refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani makanan ringan dan minuman segar, merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.

Di jaman persaingan perdagangan saat ini, para wirausahawan berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk yang diharapkan akan disukai dan diminati oleh konsumen. Dari berbagai macam produk yang ada, produk makanan/kuliner merupakan salah satu produk yang paling diminati konsumen. Dengan pangsa pasar kalangan baik pelajar dan mahasiswa, maka saya memiliki ide pendirian usaha kuliner yaitu cemilan untuk para remaja, Usaha yang akan dikembangkan diberi nama Café Teenagersyang bergerak dalam bidang usaha kuliner.

Sesuai dengan gaya hidup anak muda yang senang dalam mencoba hal baru, inovasi cemilan ini bisa menjadi pertimbangan. Dengan dilengkapi dengan nuansa tempat yang cocok untuk tempat berkumpulnya para remaja, cocok untuk kepribadian anak muda yang bersemangat dan pastinya akan disukai oleh mereka. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka saya membuat proposal pendirian usaha tersebut

Cafe Teenagers di dirikan untuk kaula muda yang gemar akan berbagai macam kuliner dari yang ringan sampai yang berat.. Serta pelajar yang membutuhkan tempat Kerja kelompok dengan pelajar lainnya, maka Cafe teenagers adalah solusi yang tepat untuk bersantai, nongkrong, dan Cafe teenagers merupakan tempat yang sangat nyaman untuk belajar.
                                                                                   

1.2  Tujuan Proposal

Tujuan dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah:
             1.       Sebagai syarat untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah kewirausahaan
             2.       Sebagai inisiatif wirusaha sebagai pemilik usaha dlm membuka usaha
             3.       Untuk melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
             4.       Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha


1.3  Manfaat Proposal

Manfaat dari pembuatan proposal pendirian usaha ini adalah :
          1.       Dapat membantu wirausaha untuk mengembang kan usaha dan menguji strategi dan hasil yang di harap kan dari sudut pandang pihak lain (investor)
             2.       Membantu wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan
             3.       Membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha.







BAB II 

GAMBARAN UMUM USAHA



2.1  Profil Organisasi

Nama Usaha           : Café Teenagers
Jenis Usaha             : Kuliner
Alamat                   : Batam
Pemilik                   : xxxxxxxxx, S.M

2.2  Visi, Misi, dan Tujuan

a.       Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.

b.       Misi
1.       Memberikan kualitas yang terbaik.
2.       Memberikan pelayanan yang terbaik berdasarkan kepuasan konsumen.
3.       Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau

c.       Tujuan Usaha
1.       Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
2.       Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
3.       Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
4.       Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha


2.3  Strategi Usaha

Memberikan pelayanan dan fasilitas berupa musik jazz yang bisa menjernihkan pikiran, hotspot dan interior yang membuat pengunjung merasa nyaman dan menjadikan diferensiasi sebagai strategi utama usaha

2.4  Lokasi

Lokasi di daerah Nagoya, dimana pengunjungnya sebagian besar merupakan lokasi yang sangatlah strategis, selain berada di pusat kota, kepadaan penduduk yang cukup tinggi, terdapat sekolah – sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang menyebabkan lokasi tersebut menjadi pusat perputaran uang yang sangat baik.

2.5  Bangunan

Bangunan / tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 150 m², dengan tempat makan in-door dan out-door, parkiran, wc, dan dapur yang tergabung dalam satu gedung.

2.6  Waktu Operasional

Café Teenagers beroperasi mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan pukul 9.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB pada hari sabtu dan Minggu.  Dimana segala kalangan dapat mengunjungi Café Teenagers kami saat waktu senggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah sambil mengerjakan tugas dari sekolah ataupun kampus.

Jam Operasional
Hari
12:00 WIB – 23:00 WIB
Senin – Jumat (weekdays)
09:00 WIB – 23:00 WIB
Sabtu dan Minggu (weekend)
Termasuk tanggal merah

2.7  Keunikan / Khas

Memberikan pelayanan yang baik dengan penuh keramahan, sehingga membuat pelanggan nyaman dan membuat pelanggan selalu ingin kembali lagi ke café kami.

2.8  Target Pelanggan

Jumlah pengunjung diasumsikan yaitu 150 orang pada hari biasa dan 200 orang pada hari libur
Yang berasalah dari kalangan pelajar dari SD, SMP, dan SMA, mahasiswa, bahkan para pekerja dan orang tua.
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp25.000.

2.9  Produk yang Dihasilkan


“Ours Menu”

Cemilan
Makanan
Minuman
Roti Bakar Topping
(Keju, Coklat, dll)
Mie Goreng Topping
Air Mineral
Omelet
Mie Rebus Topping (Telur, Sosis, Kornet)
The O / The Obeng
Roti Telur
Nasi Goreng Topping (Telus, Seafood)
Aneka Pop Ice / Milk Shake
Telur Gulung
Salad Sayur
Aneka Juice dan Es Krim
Bakso Bakar Tusuk
Salad Buah
Susu Milo (Dingin/Hangat)
Kerak Telur
3T (Tahu, Tempe, Telur)
Es Buah Segar
Kentang Goreng Bumbu
(Pedas, BBQ, Keju, Asin)
Aneka Gorengan
Kopi / Espresso / Kopi Susu
Burger Topping
(Telur, Sosis, Daging, Mix)
Sosis Cabe Ijo
Green Tea
Sosis Goreng Bumbu
(Pedas, BBQ, Asin)
Aneka Ayam (Goreng, Crispy, Bakar, Rica, Cabe Ijo, dll)
Susu Jahe
Donat, Cake Slice, dll
Bubur Ayam
Pepsi, Cola, Sunkist, Soya dll







2.10          Strategi Promosi

Strategi yang akan kami terapkan di Happy Coffee yaitu :
          1.       Saat akan opening kami akan membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
            2.       Dengan media Internet
Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti Facebook, Twitter,dan Instagram yang banyak di ketahui oleh para Remaja dan Dewasa
             3.       Dari mulut ke mulut

2.11          Sumber Bahan Baku

Untuk sumber bahan baku atau suplier, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti  kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi usaha kuliner kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.

2.12          Pengembangan Produk

harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi lainnya.

2.13          Langkah-Langkah Promosi

Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
          1.       Pada hari biasa kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang memakai seragam sekolah/almamater dengan diskon sebesar 10%.
        2.       Apabila konsumen membeli cemilan diatas 5 porsi, maka kami akan memberikan gratis 2 jenis minuman
            3.       Selain itu, apabila konsumen membeli makanan diatas 8 porsi, maka kami akan \ memberikan gratis 2 jenis cemilan.

2.14          Analisis SWOT

1)      Strenghts (kekuatan)
-          Harga terjangkau
Merupakan salah satu strategi perusahaan kami yaitu penjualan dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan. Jika biasanya anak sekolah ataupun mahasiswa hanya mendapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar hang out maka Café Teenagers kami adalah tempat yang tepat karenya menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang murah, yang hanya berkisar Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000.

-          Kualitas baik dan terjamin
Selain harga yang terjangkau kami tentunya memberikan kualitas yang terjamin, sumber bahan baku kami peroleh dari supplier yang sudah terjamin baik kesehatan maupun kebesihan produk.

-          Fasilitas lengkap
Kenyamanan akan diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami prioritaskan. Di Café Teenagers kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan aman, free Wifi, Musholla bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah sholat, kamar kecil berjumlah 2 buah di setiap lantai. Dan juga AC sesusai suhu kamar.

-          Tempat yang bersih dan nyaman
-          Pelayanan yang memuaskan
-          Lokasi strategis
-          Bahan baku mudah di dapat
-          Tersedia berbagai makanan ringan serta berbagai minuman dan makanan.

2)      Weakness (kelemahan)
1.       Bahan Baku tidak tahan lama.
2.       Produk mudah di tiru.
3.       Harga bahan baku tidak stabil.
4.       Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
5.       Belum memiliki cukup pengalaman. Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.

3)      Oportunities (peluang)
-          Terdapat banyak mayarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kuliner.
Tingginya tingkat konsumsi berbagai jenis makanan pada saat ini mendorong kami untuk membuka Cafe Teenagers yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang terbaik.
-          Permintaan pasar yang selalu meningkat

4)      Threats (ancaman)
-          Muncul pruduk baru yang lebih unggul
-          Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
-          Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat
-          Pesaing tidak sehat
-          Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah












BAB III

ASPEK MANAJEMEN 

        3.1  OWNER  

1.       Pemilik bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha,
2.       Menjamin legalitas perusahaan secara hukum,
3.       Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan pemberi wewenang/kuasa untuk dijalankan oleh masing-masing divisi,
4.       Bertanggung jawab atas berdirinya usaha,
5.       Berhak menyelenggarakan acara, rapat, pertemuan dengan pihak2 yg ditunjuk.

        3.2  Divisi Produksi

Divisi Produksi : yang menangani aktivitas produksi makanan, minuman dan desain tempat. dengan dipekerjakan 2 orang juru masak yang handal dan berpengalaman. Yang bertugas menyiapkan pesanan dari tamu, bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional cafe. Serta mengontrol jalannya usaha

         3.3  Divisi Keuangan

Divisi Keuangan    : yang menangani masalah pemasukan dan pengeluaran kafe. bertugas sebagai kasir yang mana harus dapat melayani pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.

        3.4  Divisi Pelayanan

Divisi Pelayanan    : terdiri dari 5 karyawan, 3 karyawan sebagai pramusaji yang bertugas mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dan bertanggung jawab atas semua pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, pramusaji juga bertugas membantu membersihkan perlengkapan makan yang kotor. Adapun tugas lainnya, sebagai berikut:
-          Melayani tamu secara professional.
-          Memperhatikan kebutuhan tamu.
-          Mengetahui produk yang dijual.
-          Bertanggungjawab terhadap operasional cafe.
-          Menerima pesanan dari tamu.
-          Menyiapkan makanan dan minuman tamu.
-          Membersihkan peralatan yang kotor.
2 karyawan lagi sebagai cleaning service. Cleaning service bertugas membersihkan ruangan yang ada dan bertanggung jawab agar kafe tetap bersih dan nyaman.


       3.5  Masalah Yang Potensial

Masalah yang potensial yang bisa terjadi di cafe ini, misalnya sebagai berikut :
      1.       Adanya komplen dari pengunjung / pelanggan.
      2.       Adanya pelayanan yang kurang baik.
      3.       Adanya karyawan yang datang telat / terlambat

      3.6  Resiko dan Hambatan

Resiko yang dapat terjadi antara lain :
       1.       Banyaknya pengeluaran untuk reparasi alat cafe dan jasa-jasa lainnya.
       2.       Kerugian yang mungkin terjadi
       3.       Adanya pengunjung / pelanggan yang kabur / tidak membayar.
       4.       Mengeluarkan modal yang banyak dalam pendirian cafe.
     

            3.7  Tindakan Alternatif

Adapun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan agar masalah-masalah, resiko dan hambatan tersebut dapat dicegah antara lain :
1.       Berusaha menyajikan menu sesuai pesanan dengan rasa yang sesuai.
2.       Memberikan sanksi bagi karyawan yang tidak sopan dan sering terlambat.
3.       Menggunakan jasa reparasi yang murah atau mempekerjakan sendiri orang yang ahli dalam bidang reparasi alat-alat elektronik atau alat cafe atau dapur.
4.       Mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.
5.       Mencari tenaga kerja yang muda dan bertanggungjawab.
6.       Memberikan sanksi bagi pelanggan yang tidak dapat membayar pesanan.









BAB IV

ASPEK PRODUKSI 

         4.1  Peralatan Dapur dan Café


No.
Nama Peralatan
Jumlah
Harga Satuan
Total Harga
1
Kompor Gas
2
Rp 300.000
Rp 600.000
2
Blender
2
Rp 250.000
Rp 500.000
3
Piring
3 Lusin
Rp 150.000
Rp 450.000
4
Sendok
3 Lusin
Rp 50.000
Rp 150.000
5
Garpu
3 Lusin
Rp 50.000
Rp 150.000
6
Gelas
3 Lusin
Rp 200.000
Rp 600.000
7
Meja
15 Buah
Rp 300.000
Rp 4.500.000
8
Sofa
15 Buah
Rp 600.000
Rp 9.000.000
9
AC
2 Buah
Rp 1.500.000
Rp 3.000.000
10
Mesin Kasir
1
Rp.300.000
Rp 300.000
11
Kulkas
2
Rp 4.000.000
Rp 8.000.000
12
Panci
3
Rp 50.000
Rp 300.000
13
Wajan
3
Rp.50.000
Rp 150.000
14
Spatula
3
Rp 25.000
Rp 75.000
15
Saringan
1
Rp 20.000
Rp 20.000
16
Kain Lap
5
Rp 5.000
Rp 25.000
17
1 Set Stereo
1
Rp 500.000
Rp. 500.000
18
Sarung Tangan Plastik
5 bgks
Rp 8.000
Rp 40.000
19
Tissue
30 bgks
Rp 5.000
Rp 150.000
20
Pisau
1 set (5 pisau)
Rp 100.000
Rp. 100.000
21
Toples-Toples
10
Rp 20.000
Rp 200.000
22
Gunting
2
Rp 30.000
Rp 60.000
23
Gilingan
1
Rp 35.000
Rp 35.000
24
Tabung Gas
2
Rp.200.000
Rp 400.000
25
Dll,.
-
-
Rp 1.500.000
TOTAL
Rp.30.805.000


      4.2  Peralatan Jasa


  Saluran Wifi atau internet

      4.3  Supplai Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang ada di cafe ini meliputi ; 2 koki, 3 waiters, 1 kasir, 2 cleaning service (dapur dan tamu). Dalam mengadakan atau merekrut karyawan dilakukan dengan membuka lowongan serta mengadakan wawancara kepada calon karyawan.
  

      4.4  Supplier

Dalam memperoleh bahan baku kami tidak mengadakan penyuplai khusus tetapi kami langsung membeli sendiri bahan-bahan yang diperlukan dipasar dan transportasi yang digunakan kami menyewa sebuah mobil pick up.


      4.5  Bahan Baku per Minggu


No.
Bahan Baku
Jumlah
Harga satuan
Jumlah
1
Roti
8 bgks
 Rp      8,000
 Rp     64,000
2
Indomie
2 dus
 Rp    50,000
 Rp   100,000
3
Telur
2 papan
 Rp    25,000
 Rp     50,000
4
Sosis
2 bgks
 Rp    20,000
 Rp     40,000
5
Daging
3 kg
 Rp    80,000
 Rp   240,000
6
Kentang
3 kg
 Rp    15,000
 Rp     45,000
7
Bumbu-Bumbu
10 bks
 Rp      3,000
 Rp     30,000
8
Beras
2 karung
 Rp   200,000
 Rp   400,000
9
Daging Ayam
3 kg
 Rp    40,000
 Rp   120,000
10
Sayur mayur
5 ikat
 Rp      5,000
 Rp     25,000
11
Buah
20kg
 Rp    20,000
 Rp   400,000
12
Rempah
10 bgks
 Rp      2,000
 Rp     20,000
13
minyak
10 ltr
 Rp      9,000
 Rp     90,000
14
saus
15 botol
 Rp      9,000
 Rp   135,000
15
kecap
15 botol
 Rp      9,000
 Rp   135,000
16
gula
5 kg
 Rp    12,000
 Rp     60,000
17
air galon
5 gln
 Rp    22,000
 Rp   110,000
18
mineral botol
10 dus
 Rp    30,000
 Rp   300,000
19
aneka coke
250 kaleng
 Rp      7,000
 Rp 1,750,000
20
Bawang merah
10kg
 Rp    23,000
 Rp   230,000
21
bawang putih
10kg
 Rp    18,000
 Rp   180,000
22
cabai merah
15 kg
 Rp      8,000
 Rp   120,000
23
Cabai rawit
10 kg
 Rp    45,000
 Rp   450,000
24
jahe
3 kg
 Rp      3,000
 Rp       9,000
25
susu milo
5 kaleng
 Rp    65,000
 Rp   325,000
26
tahu
5 kg
 Rp    20,000
 Rp   100,000
27
tempe
5 kg
 Rp    10,000
 Rp     50,000
28
mentega
3 kg
 Rp    60,000
 Rp   180,000
29
aneka selai
5 toples
 Rp    25,000
 Rp   125,000
30
Aneka the
4 bks
 Rp    35,000
 Rp   140,000
Total
 Rp 6,023,000




      4.6  Biaya Usaha Lainnya per bulan

Biaya Usaha Lainnya per bulan:
Biaya listrik                               Rp.   900.000
Biaya air                                   Rp.   800.000
Biaya Reparasi                          Rp. 2.000.000
Biaya Gaji Koki                         Rp. 4.000.000
Biaya Gaji Kasir                        Rp. 2.000.000
Biaya Gaji Waiters                    Rp  6.000.000
Biaya Gaji tukang cuci piring      Rp.   2.000.000
Biaya Gaji OB                           Rp.   2.000.000
Biaya Sewa Mobil                    Rp.    200.000            
Total                                         Rp. 19.900.000




  





BAB V

PERENCANAAN KEUANGAN 


5.1  Modal Usaha

Modal awal untuk mendirikan usaha ini adalah Rp 80.000.000 dan sudah memiliki gedung


Keterangan
Debit
Kredit
Modal Usaha
Rp 80.000.000

Penjualan (150 x Rp 15.000)/hari
Rp 2.250.000

Biaya Dapur dan Cafe

Rp 30.805.000
        (Biaya Variabel)

Rp Rp 6,023,000
Beban Lainnya

Rp. 19.900.000
Laba Total
Rp 25.522.000










BAB VI

PENUTUP  


6.1 Kesimpulan


Berdasarkan perhitungan yang telah saya lakukan untuk mendirikan Usaha Kuliner dengan modal awal Rp 80.000.000, dengan estimasi jumlah biaya tetap Rp Rp 30.805.000 dan jumlah biaya variabel sebesar Rp Rp 6,023,000, maka pada hari pertama saya membuka usaha ini jika saya berhasil mendapatkan 150 konsumen, maka dapat diperkirakan saya akan mendapatkan total laba yaitu sebesar Rp Rp 25.522.000

6.2  Saran


            Saran untuk mahasiswa lain yang ingin membuat proposal pendirian usaha, tetapkanlah dengan benar dan sungguh-sungguh usaha apa yang yang akan anda buat dan pangsa pasar manakah yang akan anda tuju. Dan juga perlu diperhatikan keakuratan estimasi biaya-biaya yang dibutuhkan akan dapat memperoleh laba yang maksimal.






DAFTAR PUSTAKA



William J Stevenson, Sum Chee Chuong. Manajemen Operasi Perspektif Asia. 2014. Salemba empat.

12 komentar:

  1. informasi yang sangat bermanfaat.. terima kasih....

    Bagi teman-teman yang ingin menambah wawasan seputar bisnis, silahkan kunjungi https://ahlikeuangan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum...
    Ka boleh minta filenya gk?
    Agungalan98@gamil.com

    BalasHapus
  3. Bro bisa kirim dalam bentuk pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email saya disiniandre19@gmail.com

      Hapus
  4. Boleh minta file nya kak yp27032002@gmail.com

    BalasHapus
  5. Selamat pagi kak
    Boleh saya minta filenya dalam bentuk pdf? Terimakasih

    BalasHapus
  6. Sangat membantu, Terimakasih!!!

    BalasHapus
  7. kak bisa minta pdf nya? email : naurah_aisyah@yahoo.com

    BalasHapus
  8. kak bisa minta pdfnya??? email: jua199876@gmail.com
    terima kasihhh

    BalasHapus
  9. ka boleh minta file nya dalam bentuk pdf??
    email : istiqomahp27@gmail.com

    BalasHapus
  10. izin apakah boleh minta file nya ka?
    wandrifo@gmail.com
    terimakasih..

    BalasHapus

Isbiantari Siregar. Diberdayakan oleh Blogger.