Contoh Makalah Pengantar Manajemen | CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY | Manajemen Bisnis | Studi Kasus
PENGANTAR MANAJEMEN
PENERAPAN CORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY TERHADAP KARYAWAN (STUDI PADA PT REMPAK KARIMUN)
Nama Mahasiswa :
NPM
:
Kode Kelas
:
Dosen pembimbing :
Universitas Putera Batam
Tahun Akademik 2015-2016
Tahun Akademik 2015-2016
Kata Pengantar
Puji
syukur kepada Allah karena saya telah dapat menyelesaikan makalah ini tepat
waktu
Makalah ini disusun untuk memenuhi
tugas Pengantar Manajemen semester ganjil, diharapkan pembaca dapat memahami
isi dari makalah ini.
Saya ucapkan terimakasih kepada
semua pihak yang telah berkontribusi untuk tersajinya makalah ini
Saya menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari kata sempurna, sehingga saya membutuhkan tanggapan atau saran
yang membangun dari pembaca.
Kiranya makalah ini memberikan
banyak manfaat bagi kehidupan kita semua. Sehingga pembelajaran dapat
terealisasikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Batam, 01 Januari 2016
Penyusun,
Daftar Isi
Kata Pengantar……………………………….……………………………………………………2
Daftar Isi………….……………………………………………………………………………….3
Bab 1
1.
Latar Belakang Masalah…………...………………….………………………………4
2.
Rumusan Masalah………………...…..………………………………………………6
3.
Tujuan…………………………......…………………..………………………………6
4.
Batasan
Masalah..……………………………………..………………………………6
Bab 2
1.
Dasar
Teori……………………………………………………..……………..……7
a.
Etika
Bisnis
b.
CRS
c.
Manajemen
Resiko
Bab 3
1.
Pembahasan…………………………..…………………..………………………..12
Bab 4
1.
Kesimpulan………………………………………………………...………………14
Bab 5
1.
Daftar
Pustaka……………………………………………………………...………15
BAB 1
1. Latar
belakang masalah
Isu tanggung jawab sosial (social corporate responsibility)
adalah suatu topik yang berkenaan dengan etika bisnis. Disini terdapat tanggung
jawab moral perusahaan baik terhadap karyawan perusahaan dan masyarakat
disekitar perusahaan. Oleh karena itu
berkaitan pula dengan moralitas, yaitu sebagai standar bagi individu atau
sekelompok mengenai benar dan salah, baik dan buruk. Sebab etika merupakan tata
cara yang menguji standar moral seseorang atau standar moral masyarakat.
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah memberi
timbal balik usaha terhadap masyarakat. Menurut Lord Home dan Richard Watts:
Corporate Social
Responsibility (CSR) adalah komitmen berkelanjutan perusahaan untuk berprilaku
secara etis dan berkontribusi kepada pengembangan ekonomi dengan tetap
meningkatkan kualitas hidup dari para pekerja dan keluargamereka, begitu juga
halnya dngan masyarakat sekitar perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan
Dengan demikian, Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya
terbatas pada konsep pemberian donor saja, tapi konsepnya sangat luas dan tidak
bersifat statis dan pasif, hanya dikeluarkan dari perusahaan, akan tetapi hak
dan kewajiban yang dimiliki bersama antara stakeholders (pihak-pihak lain yang
berkepentingan).
CSR juga sebagai salah satu komitmen dari PT. Rempak Karimun. PT Rempak
Karimun melakukan kegiatan CSR bersama dengan Ketua Koperasi Tenaga Kerja Buruh
Bongkar Muat (TKBM). Hal ini secara tidak langsung menunjukkan keseriusan
itikad baik PT. Rempak Karimun terhadap karyawan ( Buruh TKBM ) yang sedang
dirawat inap di Puskesmas Tanjung Batu (9/10/15). Serta sebanyak 135
buruh bongkar muat kapal yang bekerja di pelabuhan Tanjung Maqom Selat Belia
Kecamatan Kundur Barat menerima life jaket, topi dan sepatu kerja, Senin
(5/10/15) yang diserahkan oleh PT Rempak Karimun Cabang Tanjung Batu.
Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa program Corporate Social
Responsibility ini mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan dan membawa
efek yang positif bagi masyarakat, tetapi apakah Corporate Social
Responsibility benar-benar dilakukan oleh PT. Rempak Karimun bagi karyawan dan
apa keuntungan nya bagi PT tersebut?
2. Rumusan
Masalah
Dari uraian di atas maka yang menjadi permasalahan dalam studi kasus ini
adalah:
1. Bagaimanakah
pelaksanaan kewajiban CSR pada PT. Rempak Karimun?
2. Apakah
pelaksanaan CSR tersebut telah sesuai dengan etika dan moral?
3. Tujuan
1. Ingin Mengetahui upaya CRS pada PT. Rempak
Karimun saat ini.
2.
Ingin mengetahui Type CRS yang diterapkan pada
perusahaan PT. Rempak Karimun.
3. Ingin mengetahui Motivasi apa saja yang
mendorong pengusaha untuk melakukan CRS pada karyawannya.
4. Batasan Masalah
Malakalah ini membahas
tentang
1. Kondisi karyawan di perusahaan PT. Rempak
Karimun saat ini
2. CRS yang diterapkan pada
perusahaan PT. Rempak Karimun
BAB 2
1.
Dasar
teori
a. Etika
Bisnis
Etika adalah akhlak atau susila. Moral adalah akhlak
yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan
yang mengatur tingkah laku.
Menurut Schermerhorn, J.R (1996), Etika merupakan kode
moral dari individu atau kelompok mengenai serangkaian standar apa yang baik
dan buruk atau benar atau salah.
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan
bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan
dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai,
norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil
dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Jadi, Etika
bisnis adalah serangkaian nilai moral yang akan membentuk perilaku perusahaan.
b. CRS
“Tanggung jawab Sosial Perusahaan” atau
“Corporate Social Responsibility” adalah suatu konsep bahwa organisasi
dan perusahaan memiliki suatu tanggung jawab
terhadap konsumen, karyawan, pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek
operasional perusahaan. Bentuk tanggung jawab yang ada disesuaikan dengan
objeknya masing-masing. CSR dapat dipergunakan untuk menarik perhatian para
calon pelamar pekerjaan
Bentuk tanggung jawab sosial yang wajib dilakukan oleh
sebuah perusahaan kepada masing-masing objek yang terkait.
1.
Tanggung Jawab Sosial Kepada Konsumen
Dalam dunia perdagangan dan industri, konsumen adalah rajanya. Apabila
sebuah perusahaan ingin sukses menjual produknya, mereka harus mampu memikat
hati konsumen. Hal tersebut dilakukan perusahaan dengan cara :
·
Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas
barang yang dijual (tidak ada penipuan).
·
Produk yang dijual dijamin sehat dan tidak
memberikan efek negatif bagi kesehatan konsumen.
·
Memberikan diskon dan garansi pada produk yang
dijual.
2.
Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan
Ibarat dalam sebuah keluarga, supaya hubungan keluar dapat dijalankan
dengan baik maka keharmonisan dalam rumah tangga harus benar-benar dijaga. Oleh
karena itu, pihak perusahaan haruslah memperlakukan karyawannya dengan
baik sesuai dengan hak mereka. Berikut ini adalah bentuk tanggung jawab sosial
yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada karyawannya :
·
Memberikan gaji yang sesuai dengan jam kerja
yang dihabiskan pegawai.
·
Memberikan asuransi kesehatan, serta berbagai
macam tunjangan kepada para pegawai.
·
Memberikan kenaikan gaji menyesuaikan dengan
laju inflasi di negara tersebut.
3.
Tanggung Jawab Sosial Kepada Pemegang Saham
Pemegang saham merupakan pihak yang mempercayakan uangnya untuk dijadikan
modal perusahaan tersebut supaya dapat terus beroperasi. Pemegang saham
mendapat keuntungan dari pembagian dividen yang biasanya setiap tahun pada saat
laporan keuangan perusahaan. Berikut ini adalah bentuk tanggung
jawab sosial yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada para pemegang saham :
·
Memberikan laporan keuangan yang transparan
·
Tidak menggelapkan hasil keuntungan perusahaan
dan tidak mengurangi keuntungan para pemegang saham.
·
Bekerja keras supaya perusahaan dapat berkembang
untuk membayar kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan.
4.
Tanggung Jawab Sosial Kepada Lingkungan
Selain bentuk tanggung jawab sosial kepada para manusia, perusahaan juga
dituntut untuk memberikan tanggung jawabnya kepada lingkungan disekitarnya.
Tindakan sebuah perusahaan terhadap lingkungan akan dilihat para konsumen dan
dijadikan oleh mereka sebagai sebuah parameter untuk menentukan, apakah
perusahaan tersebut perusahaan yang baik atau tidak. Bentuk tanggung
jawab sosial yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada para pemegang saham
adalah sebagai berikut:
·
Membuang limbah perusahaan dengan metode yang
benar dan tidak mencemari lingkungan sekitar.
·
Melakukan rehabilitasi terhadap lingkungan yang
mungkin secara tidak sengaja rusak akibat kegiatan produksi perusahaan
(misalnya perusahaan kertas yang dalam produksinya terus-menerus menebang
pohon, mereka harus menanam ulang pohon tersebut dengan pohon baru yang lebih
muda).
Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial
adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika
stakeholders terpuaskan, maka citra positif perusahaan akan terbangun.
Manfaat tanggung jawab sosial perusahaan bagi
Perusahaan
·
Citra
positif perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah
Manfaat bagi Masyarakat
·
selain
kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan
lebih erat dalam situasi win-win solution.
Manfaat bagi Pemerintah
·
Memiliki
partner dalam menjalankan misi sosial dan pemerintah dalam hal tanggung jawab
sosial.
c.
Manajemen
risiko
Manajemen
risiko merupakan salah satu hal paling penting dari strategi perusahaan. Reputasi yang dibentuk dengan
susah payah selama bertahun-tahun dapat musnah dalam sekejap melalui insiden
seperti skandal korupsi
atau tuduhan melakukan perusakan lingkungan
hidup. Kejadian-kejadian seperti itu dapat menarik perhatian yang tidak
diinginkan dari penguasa, pengadilan, pemerintah dan media massa. Membentuk
suatu budaya kerja yang "mengerjakan sesuatu dengan benar", baik itu
terkait dengan aspek tata kelola perusahaan, sosial, maupun lingkungan—yang
semuanya merupakan komponen CSR—pada perusahaan dapat mengurangi risiko terjadinya
hal-hal negatif tersebut.
BAB 3
1.
Pembahasan
Setiap perusahaan pada dasarnya mencari keuntungan
semaksimal mungkin tanpa peduli kesejahteraan karyawan, masyarakat, dan
lingkungan alam. Tidak seharusnya perusahaan bertindak seperti itu, tetapi juga
harus memiliki etika dalam bertindak menggunakan sumber daya manusia dan
lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
Salah satu perusahaan yang menerapkan tanggungjawab
social keada karyawan adalah PT Rempak Karimun.
Sebanyak 135 buruh bongkar muat kapal yang bekerja di
pelabuhan Tanjung Maqom Selat Belia Kecamatan Kundur Barat menerima life jaket,
topi dan sepatu kerja, Senin (5/10) yang diserahkan oleh PT Rempak Karimun
Cabang Tanjung Batu.
Kepala Cabang PT Rempak Karimun Cabang Tanjungbatu,
Khomariah menyatakan, penyerahan peralatan keselamatan kerja merupakan bentuk
kepedulian perusahaan yang membidangi bongkar muat dilaut, untuk menjaga
keselamatan para porter.
Program penyerahan peralatan keselamatan kerja telah
direncanakan sejak lama agar meningkatkan kesejahteraan terhadap para tenaga
buruh bongkar muat.
Pemberian bantuan kepada 135 buruh bongkar muat
merupakan bentuk kepedulian antar sesama. Tentunya sangat bermanfaat karena
pekerjaan yang mereka lakoni sangat beresiko dengan keselamata kerja.
Apa yang telah dilaksankan PT Rempak Karimun Cabang Tanjung Batu ini
sangat kita dukung dan kedepan kita perlu meningkatkan dalam upaya memberikan
kemudahan bagi para pekerja bongkar muat pelabuhan.
Salah seorang kepala mandor buruh bongkar muat laut,
Bambang mengaku sangat terharu setelah menerima bantuan tersebut. Yang dinilai
sangat peduli akan keselamatan para pekerja buruh bongkar muat.
Penyerahan alat keselamatan kerja bagi buruh angkut
pelabuhan itu diserahkan untuk tujuh kelompok, diantaranya kelompok porter Setunak,
Kanipan, Selat Belia ditambah empat regu dari Kecamatan Kundur. Turut hadir
dalam kesempatan itu perwakilan Polair Batam Brigadir Adi Muslim Nur serta
utusan dari PT. Timah Kundur Zahir.
Selain itu, Ketua PT Rempak Karimun, Khomariah
sekaligus Ketua Koperasi Tenaga Kerja Buruh Bongkar Muat (TKBM) pada Jumat
(9/10) membesuk Bambang Tauna yang dirawat inap di Puskesmas Tanjung Batu dan
juga menyerahkan bantuan untuk pengobatan, sebagai bentuk kepedulian terhadap
nasib buruh bongkar muat.
Komitmen untuk memperhatikan nasib seluruh anggota TKBM di laut akan di
asuransikan melalui jaminan kesehatan melalu Badan Penyelenggara Jaminan
Kesehatan (BPJS).
Kesimpulan
1.
PT. Rempak Karimun menerapkan
kewajiban CRS sesuai dengan etika dan moral, serta sesuai dengan apa yang
dibutuhkan karyawannya untuk kepentingan PT atau pekerja tersebut
2.
Ketua PT. Rempak
Karimun bukan hanya menjamin kesehatan
karyawan, tetapi juga memperhatikan keselamatan nyawa para pekerja
3.
CRS yang dilakukan PT.
Rempak Karimun sesuai dengan etika bisnis yang berlaku yaitu Bisnis selalu
memiliki dua tanggung jawab yaitu tanggung jawab ekonomis dan tanggung jawab
sosial.
4.
Manfaat tanggung jawab
sosial perusahaan yang telah dilakukan PT. Rempak Karimun mendapat citra
positif perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah karena berfokus kepada kepentingan karyawannya sehingga perusahaan
ini dapat menarik perhatian para calon pelamar pekerjaan.
5.
CRS bermanfaat bagi
karyawan dan juga bagi perusahaan.
Daftar Pustaka
2.
Koran
Batam Pos pada Sabtu, 10 Oktober 2015
3.
Wikipedia
5.
Power
Point Pertemuan 3
7.
Buku
Pengantar Manajemen tahun 2012
Tidak ada komentar: